5 Persiapan Menjelang Bulan Puasa

Alhamdulillah, tinggal beberapa hari lagi bulan Ramadhan segera datang. Rasanya nggak sabar deh, ngebayangin suasananya aja udah seneng banget, bisa kumpul-kumpul, makan sahur bareng, buka puasa bareng, ramainya masjid di malam hari, dan pastinya juga wangi aroma kue lebaran.

Menyambut bulan ramadhan, biasanya setiap orang punya persiapannya masing-masing. Ada yang punya target ibadah ramadhan, atau yang kepengen mudik ke kampung? Apa aja lah yah.




Sebagai emak-emak yang juga ngurusin rumah tangga, saya punya beberapa hal yang perlu disiapkan menjelang bulan puasa, supaya ibadah puasa kami sekeluarga berjalan lancar. Hmm... kira-kira apa saja sih yang dipersiapkan menjelang bulan puasa?

Bekal Ilmu

Hayoo.... siapa yang masih inget, apa aja yang membatalkan puasa? Sebagai seorang muslim, pasti udah paham dong, kalau Bulan Ramadhan adaah bulan yang istimewa. Bulan penuh berkah, bulan yang ibaratnya babak bonus untuk mendapatkan poin tambahan.

Maka sebelum kita benar-benar melakukan ibadah puasa, sebaiknya mulai mendalami kembali ilmu-ilmu agama seputar ibadah dan keutamaan di bulan Ramadhan. Seperti syarat dan rukun puasa, sunnah puasa, zakat fitrah, sedekah, juga apa saja yang membatalkan puasa. Supaya lebih optimal dalam menjalankan ibadah Ramadhan.

Menyiapkan Alat Ibadah

Nah, selain ilmu, yang perlu dipersiapkan menjelang bulan puasa, biasanya adalah perlengkapan ibadah. Biar makin semangat ibadah,gitu lho. Apalagi kalau kita punya si kecil yang baru mulai puasa. Kita bisa mulai mengajarkannya supaya lebih antusias, dengan menyiapkan buku-buku agama yang menarik, mukena atau baju koko yang lucu. Pasti seru banget deh. hihihihiw *aku jadi kepengen* :3

Selain itu, kita juga bisa mencuci kembali alat sholat seperti sarung, sajadah dan mukenah, biar tetep fresh saat dipakai. Nggak perlu beli mukena baru, yang penting fresh dan nggak bau. Lagian gimana mau sholat khusyuk kalo mukenanya bau :P

Membersihkan Rumah

Sebagaimana menyambut kehadiran tamu istimewa di rumah, saya dan mamas juga bebersih rumah sebelum puasa. Biasanya di bulan puasa kita akan banyak kedatangan tamu, saudara-saudara yang berkunjung untuk silaturahmi, atau berbuka puasa bersama. Pasti dong, masa nggak malu rumahnya kelihatan berantakan. Hehehe

Oh iya, bebenah sebelum puasa juga bermanfaat untuk mencicil sebagian pekerjaan rumah tangga yang menguras banyak tenaga, supaya nggak terlalu capek saat puasa nanti. Asik kan?



Menyiapkan Stock Makanan

Bangun untuk menyiapkan makan sahur, kadang terasa berat bagi sebagian orang, apalagi buat emak-emak bekerja kayak sayah. HAHAHAHAHA! ngantuk banget buuuk.

Biasanya menjelang ramadhan seperti ini saya akan menyiapkan makanan yang tahan disimpan lama di kulkas, dan mudah disajikan, biar nggak repot kalau tiba-tiba bangun kesiangan. Seperti ayam ungkep, rendang, frozen food juga boleh. Huahaha *emak-emak males*

Tapi kalau soal sayuran sih biasanya saya menyempatkan belanja di pasar sepulang kantor, biar sayurnya tetep fresh. :D

Membuat Perencanaan Keuangan

Sadar atau nggak, di bulan ramadhan biasanya pengeluaran kita jauh lebih membengkak dari biasanya. Yang bukber bareng setiap minggu, belanja baju baru, jajanan buka puasa, amplop bocah, ongkos mudik, kue-kue lebaran, endebla endeblu. 

Makanya wajib banget nih membuat perencanaan keuangan khusus, supaya THR nggak tekor. Nggak perlu kita hadir di semua undangan buka bersama, dipilih saja yang menurut kita sebaiknya ikut serta. Begitu pula untuk persiapan mudik. Dan yang paling penting sih, jangan sampai kelewatan bayar zakat fitrahnya yaa.

Nah itu dia kira-kira persiapan yang saya dan mamas lakukan menjelang ramadhan. Hmm... kira-kira ada lagi nggak yang perlu dipersiapkan? 

Tinggalin komentar dibawah yaa!

----------------------------------------------


Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Anggun Fuji
A Wife | An Engineer | Love to talk about Home Decor, Lifestyle and Beauty Things (♥ω♥ )

3 komentar :

  1. benar sekali..harus mempunyai bekalilmu..walau dulu sudah pernah tidak salah kita upgrade lagi ilmu tentang berpuasa Ramadhan. TFS

    BalasHapus
  2. Ramadhan tahun ini harus lebih baik lagi dari ramadhan sebelumnya

    BalasHapus
  3. Naah ini, perencanaan keuangan selama ramdhan n lebaran ini suka kelewat dan akhirnya bocorrrr deh hihi

    BalasHapus