10 Tips Travelling Aman dengan Sepeda Motor

Travelling di jaman sekarang ini rasa-rasanya udah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat generasi millenial. Sebagai pasangan yang juga bagian dari generasi millenial, saya dan mamas juga sama-sama menjadikan travelling sebagai bagian dari gaya hidup kami, atau mungkin mimpi yang harus diwujudkan.


Banyak cara yang dilakukan untuk ber-travelling, salah satunya adalah travelling dengan mengendarai sepeda motor. Banyak traveller dari berbagai belahan dunia bahkan berhasil bepergian ke puluhan negara hanya mengendarai sepeda motor. Ada berbagai alasan kenapa memilih travelling dengan sepeda motor, dari mulai rasa sensasi petualangan yang berbeda, ingin lebih dekat dengan alam, ataupun untuk berhemat.

Tapi sebelum memutuskan untuk travelling dengan sepeda motor, ada beberapa tips yang harus diperhatikan nih gengs, biar travelling mu dengan sepeda motor, aman, nyaman, sekaligus selamat dan menyenangkan.

Yang pertama....

Pastikan motor selalu dalam kondisi prima

Sebelum bepergian, periksakan dahulu sepeda motor yang akan kita gunakan untuk travelling ke bengkel. Pastikan juga mesin motor, lampu dan rem berfungsi dengan baik, dan semua komponen penting terpasang dengan baik, agar motor terasa nyaman saat digunakan, tidak menimbulkan bahaya, tidak melanggar hukum, dan tidak mogok di jalan.

Menggunakan pelindung tubuh

Mengendarai sepeda motor untuk travelling, (apalagi jarak jauh), tentunya memiliki resiko kecelakaan yang tinggi. Yah, walaupun semua orang pastinya pengen selalu selamat, tapi nggak ada salahnya untuk mempersiapkan kemungkinan terburuk kan?

Salah satu cara untuk terhindar dari luka berat akibat kecelakaan saat berkendara sepeda motor adalah dengan mengenakan perlengkapan pelindung tubuh, seperti helm, body protector, sarung tangan, pelindung siku dan lutut, juga sepatu.

Selain untuk melindungi tubuh dari luka berat akibat kecelakaan, menggunakan perlengkapan pelindung tubuh juga berguna untuk melindungi tubuh dari terjangan angin (terutama angin malam) yang bisa membuat kita sakit.

Selalu Membawa Surat Kendaraan

Selalu bawalah surat-surat penting kendaraan yang menjadi syarat berkendara, seperti SIM dan STNK. Hal ini dimaksudkan untuk berjaga-jaga jika harus berurusan dengan kepolisian, apalagi jika tersandung masalah saat berada di luar kota. Selain itu bisa menjadi kartu identitas,jika terjadi hal yang tidak diinginkan 

Membawa Perlengkapan Bengkel

Traveling dengan kendaraan pribadi tentunya harus penuh persiapan, salah satunya dengan membawa perlengkapan bengkel sederhana, seperti satu set ring pas, obeng min/plus, dan berbagai peralatan bengkel lainnya. Perlengkapan ini akan membantu jika sewaktu-waktu motor kita mengalami kendala di tengah perjalanan yang jauh dari bengkel, kita masih bisa survive untuk memperbaiki sendiri.

Pahami dasar-dasar ilmu mesin

Nggak cuma perlengkapan bengkel aja yang harus disiapkan sebelum travelling dengan motor, kita juga harus memiliki pengetahuan dasar mengenai mesin dan cara memperbaiki mesin sepeda motor. Misalnya cara mengganti busi, memperbaiki rantai, juga memperbaiki lampu yang mati. Dengan begini kita bisa mengatasi sendiri kerusakan motor yang ringan, dan tidak perlu repot atau pergi ke bengkel  untuk permasalahan yang sepele.

Bawalah Kunci Cadangan

Kadang rasa lelah saat berkendara jauh dapat membuat kita kurang fokus, sehingga bisa saja mengalami kunci kendaraan tertinggal di suatu tempat atau terjatuh. Nah biar nggak ribet, saat kunci motor mendadak hilang, simpanlah dan bawa kunci cadangan di tempat yang aman. Nggak mau kan, disangka maling karena nyalain motor nggak pakai kunci??  :P

Hindari Minuman Berenergi, Perbanyak air putih

Pergi travelling dengan sepeda motor memang kegiatan yang sangat menguras energi. Hindari mengkonsumsi minuman berenergi, karena minuman berenergi memiliki kadar glukosa yang tinggi.  Walaupun glukosa didalam minuman berenergi bisa menambah stamina, namun efek yang ditimbulkan sangat berbahaya bagi tubuh.

Bila dalam perjalanan jauh, minumlah banyak air putih, agar tubuh terhindar dari dehidrasi, sehingga nggak mudah lemas, dan membantu tetap fokus. Jika air putih tidak mampu mengembalikan stamina, beristirahatlah.

Pelan-pelan dan berhati-hati

Kalau orang jawa lebih menggunakan istilah,”Alon-alon asal Kelakon.” Yang memiliki makna “biar lambat yang penting selamat.” Maksud dari point ini adalah untuk selalu mengingat agar tidak membawa sepeda motor dengan ngebut. Lagipula jika kita melakukan perjalanan dengan terburu-buru, kita tidak merasakan indahnya pemandangan saat travelling.

Bawalah barang bawaan seperlunya

Kalau kita menggunakan sepeda motor untuk travelling, jangan pernah membawa barang bawaan berlebihan, sekalipun isinya oleh-oleh dari kampuang nan jauh di mato. Membawa barang berlebihan dapat mengganggu kestabilan berkendara, yang berpotensi menyebabkan kecelakaan fatal.

Usahakan Handphone Selalu menyala

Zaman sekarang begini, Smartphone rasanya sudah menjadi barang penting yang dibawa setiap orang saat dalam perjalanan. Usahakan agar smartphone kita selalu menyala dengan mengurangi aktivitas mendengarkan musik sambil berkendara karena berpotensi menyebabkan kecelakan.

Dengan mengusahakan agar smartphone selalu menyala saat perjalanan travelling, kita dapat mencari jalan, dan informasi suatu tempat dengan mudah. Bahkan sekarang smartphone sudah bisa digunakan untuk memesan tiket pesawat terbang.

Nggak cuma itu aja, dengan smartphone pun bisa membantu mencari pengingapan yang murah dan mudah, karena ada banyak pilihan hotel menarik yang bisa didapatkan. Caranya cukup melakukan booking hotel murah di Indonesia di  Reservasi.com.

Nah itu dia beberapa tips yang perlu dipersiapkan untuk kamu-kamu yang emang kepengen travelling naik motor. Mudah-mudahan bisa bermanfaat yaa, dan jangan lupa berdoa sebelum melakukan perjalanan. Sampai ketemu dipostingan berikutnya :D

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Anggun Fuji
A Wife | An Engineer | Love to talk about Home Decor, Lifestyle and Beauty Things (♥ω♥ )

2 komentar :

  1. Sipp deh,,
    Persiapan we kend,,, Go... Air terjun,,

    BalasHapus
  2. Aku blom prnh sih traveling jauh naik motor. Tapi memang mungkin jd jauh lebih cepet sampai ya.

    BalasHapus