Melawan Infeksi Kuman dengan Lifebuoy ActivSilver

Haloo..... bukibuk!!

Akhir-akhir ini kondisi cuaca memang lagi super ekstrim banget yaa. Pagi cerah, siang panas terik banget, eh sorenya langsung hujan.


Kondisi perubahan udara dan temperatur yang kurang stabil, ditambah dengan udara iklim tropis yang lembab, memicu bakteri dan virus lebih mudah dan lebih cepat berkembang biak. Makanya, biasanya di musim pancaroba kayak gini, banyak orang yang terserang flu, batuk, demam, masuk angin. Tidak terkecuali kita, orang dewasa maupun anak-anak.

Seperti beberapa hari yang lalu, tiba-tiba saya dan mamas diserang flu berkepanjangan. Bahkan dengan gejalanya luar biasa hebat, dan durasi yang lebih lama dari biasanya. Padahal kayanya saya sudah menjaga kebersihan dan menjalankan kebiasaan baik dalam keluarga, tapi ternyata masih saja kurang.

Saya jadi khawatir, apakah ini jenis flu baru, atau kuman yang bertambah kuat? Apalagi sekarang banyak banget jenis kuman dan penyakit baru yang belum ketemu obatnya. Duh.... jangan sampe deh, kena kuman yang aneh-aneh begitu. >.<


Ngomong-ngomong tentang evolusi kuman, pada hari Kamis yang lalu saya diundang ke #TUMBloggerMeetup bersama Lifebuoy di Plataran Menteng yang dihadiri pula, oleh Mama Sissy Pricillia. juga Mama Sabai Morsheck bersama si kecil Bjorka.

Sesuai dengan survei yang dilakukan oleh Lifebuoy. 7 dari 10 (tujuh dari sepuluh) ibu setuju bahwa kuman yang kian beragam dan pertahanan tubuh yang lemah adalah penyebab anak lebih sering sakit dibandingkan ketika mereka kecil dulu. Oleh karena itu, untuk melindungi anak dari kuman penyebab penyakit, 92% ibu menerapkan kebiasaan pola hidup bersih dan sehat yaitu mandi teratur dan cuci tangan pakai sabun (CTPS).

Sebenernya kenapa sih kuman-kuman jadi tambah kuat?

Dalam acara tersebut, DR Dr Ariani Dewi Widodo, SpA(K) selaku narasumber, menjelaskan bahwa selain karena kemampuan kuman yang semakin kuat beradaptasi dengan lingkungan, ada banyak faktor lain yang menyebabkan si kuman jadi resisten.


Misalnya, perilaku manusia yang menggunakan obat-obatan khususnya antibiotik yang tidak pada tempatnya, tingkat populasi, dan migrasi manusia yang tinggi, polusi serta gaya hidup yang kurang sehat, juga bisa menjadi faktor pemicu si kuman bertambah kuat dan kebal.

Trus gimana dong, melindungi dari kuman yang tambah kuat ?

Sebenernya cara melindungi keluarga dari kuman berbahaya bisa dimulai dari yang paling sederhana aja koq,moms. Misalnya dengan menerapkan tips-tips berikut :

Selalu menjaga kebersihan rumah dan lingkungan

Pasti nggak bosen dong denger istilah, "Kebersihan pangkal kesehatan". Keadaan rumah yang selalu bersih, bebas dari debu dan sampah, tentunya membuat hidup kita bertambah sehat. Karena sampah kan tempatnya kuman penyakit.

Nggak harus menunggu musim hujan untuk membersihkan lingkungan rumah. Lakukanlah setiap hari, dan jadikan setiap anggota keluarga memiliki tanggung jawab menjaga kebersihan di rumah.

Mencuci tangan dengan sabun

Yaps! ini hal kecil yang sering terlewatkan. Padahal sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa cuci tangan adalah salah satu cara pencegahan infeksi kuman penyakit. Saya dan mamas selalu saling mengingatkan untuk mencuci tangan sebelum makan, atau sesudah melakukan aktivitas, juga saat tiba di rumah, biar kuman nggak ikut masuk, hehehe.

Membiasakan pola hidup sehat dan berolah raga

Siapapun pasti tau kalau banyak mengkonsumsi buah dan sayur mempunyai banyak manfaat untuk tubuh kita. Vitamin dan mineral yang kaya dalam sayur dan buah, akan meningkatkan daya tahan tubuh serta kemampuan menghalau penyakit.

Begitu juga dengan olah raga, kemampuan metabolisme tubuh akan meningkat, kalori terbakar, dan terhindar dari berbagai penyakit.

Disiplin dan tidak membeli antibiotik tanpa resep dokter

Penggunaan antibiotik yang tidak sepatutnya akan menyebabkan virus dan bakteri menjadi resisten terhadap kandungan antibiotik. Apalagi orang dewasa jika sudah merasa sehat, biasanya malas untuk melanjutkan mengkonsumsi obat antibiotiknya.

Karena itu, jangan sungkan untuk kritis saat berobat, bertanya kepada dokter lebih dalam tentang penyakit yang diderita, disiplin saat menggunakan antibiotik, serta tidak membeli obat di luar resep dokter.

Mandi dan memilih sabun yang tepat

Biasanya setelah kita melakukan aktivitas, apalagi kalau kotor-kotoran di luar, kuman jadi gampang banget masuk ke dalam tubuh. Makanya biasakan mandi minimal 2 kali sehari, dan pilih sabun anti kuman yang tepat.

Pilihlah sabun kesehatan untuk mandi dan cuci tangan yang terbukti serta aman untuk menjaga kesehatan keluarga.

Lifebuoy ActivSilver Formula


Sebagai sabun kesehatan yang sudah ada sejak lebih dari 100 tahun yang lalu, lifebuoy pun terdorong dengan fenomena evolusi kuman dan kekhawatiran ibu-ibu pada kesehatan keluarganya. Saat ini para ilmuan lifebuoy telah berhasil berinovasi dengan menghadirkan ActivSilver Formula yang dapat membantu meningkatkan efektifitas dalam melindungi tubuh dari kuman penyebab masalah kesehatan.



"Untuk lebih mendukung ibu menerapkan kebiasaan hidup sehat di keluarga, Lifebuoy menghadirkan terobosan dengan ActivSilver Formula yang mampu memberikan perlindungan terhadap infeksi kuman penyebab penyakit yang berevolusi semakin kuat." Jelas Mas Evan Rickyanto, selaku Senior Brand Manager Lifebuoy PT Unilever Indonesia Tbk dalam dinner bersama The Urban Mama.

Sabun mengandung silver? Aman nggak tuh?

Eits, santai bukibuk....., sebenarnya silver sudah lama lho, dikenal sebagai bahan antibakteri yang efektif. Makanya silver banyak digunakan di alat-alat kesehatan, karena telah terbukti mencegah bakteri menempel hingga 99%. Demikian juga pada salep luka dan perban, yang dapat membantu mengurangi berkembanganya bakteri pada luka.

Selain itu silver juga minim menimbulkan alergi dan aman jika digunakan dalam jangka panjang. Jadi, dijamin aman untuk keluarga kita, terutama si kecil.



"Lifebuoy dengan ActivSilver Formula telah teruji efektif terhadap berbagai jenis kuman, termasuk kuman yang lebih kuat." tambah Mas Evan.

Alhamdulillah, jadi tau deh penyebab kuman bertambah kuat, dan bagaimana cara menjaga kesehatan keluarga. Ditambah dengan Lifebuoy ActivSilver Formula, jadi nggak khawatir lagi menghadapi kuman yang berevolusi.

Yuk, Jangan lupa, selalu cuci tangan pakai sabun!

-----------------------------------------------------------------------------


Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Anggun Fuji
A Wife | An Engineer | Love to talk about Home Decor, Lifestyle and Beauty Things (♥ω♥ )

0 komentar :

Posting Komentar