Trik Cepat Beli Rumah Untuk Pengantin Baru

Halooo.....

Ceritanya weekend kemarin saya sama mamas lagi puyeng gara-gara baru dapet surat dari developer perumahan yang kita beli. Mendadak harus ngumpulin berkas-berkas pengajuan KPR, dengan batas waktu yang singkat banget. -__- 


Kelimpungan lah belom nyiapin apa-apaan, pake ada pernyataan kalau nggak segera, uang DP dianggap hangus. *ngook* 

Untungnya setelah ngobrol sama marketingnya, ternyata nggak sehoror itu, fyuh, akhirnya lumayan tenang deh.

Ngomong-ngomong soal DP rumah, kali ini saya mau cerita-cerita dikit soal bagaimana cara cepat memiliki dana untuk membayar DP rumah. Terutama buat yang udah menikah (atau mungkin yang belom) tapi kepengen banget punya rumah, dan berniat membeli rumah dengan KPR. 

Tapi udah pada tau kan, kalo harga DP rumah pun angkanya gila-gilaan. Yang rumah subsidi pemerintah aja DP nya butuh 30-50 juta. Bayangin yang non subsidi, harus punya duit 80-100 juta. Itu pun belom ditambah biaya surat-surat, BPHTB, KPR, dan segala biaya tetek bengek lainnya.

Puyeng? Iya, sama, saya juga puyeng kalo mikirin duitnya dateng dari mana mah. :)))

Tapi percaya lah, Allah selalu punya cara buat hambaNya, supaya doa-doanya terkabul. Dan saya punya sedikit tips nih, tentang bagaimana caranya memiliki rumah baru, untuk yang punya budget pas-pasan ?

Nabung

Basi banget, nggak?
Kalo menurut saya mah nggak pernah basi. Nabung itu jauh lebih baik daripada harus ngutang apalagi kalau cuma buat keperluan konsumtif, kecuali KPR rumah (yes!). Banyak manfaat yang didapatkan dengan menabung. Saya nggak bakal jabarin, wong situ-situ juga udah pada paham manfaatnya.

Saya cuma mau ngingetin buat yang kepengen langsung punya rumah setelah berkeluarga. Menabung lah sejak baru pertama kali kerja. Kalau yang kerja sambil kuliah, menabunglah walau sedikit. I feel you sistah, percayalah, eike juga pernah bekerja sambil kuliah. :D

Tau kan bagaimana cara kelola uang yang bener? Abis gajian, langsung masuk tabungan. Jangan jajan dulu baru nabung, nggak bakal ada yang kesimpen. Dan kalo bisa, jauhi perilaku hidup hedon yang menghabiskan uang gaji setiap bulan tanpa ada sisa.

Amplop Hajatan

Beruntunglah buat kita yang menikah di Indonesia, masih ada budaya "ngamplop". Tapi sayangnya urusan amplop ini nggak pernah sederhana. Dibeberapa budaya ada yang menyelenggarakan pesta pernikahan berlebihan, sampe harus ngutang, dan ngarepin amplop buat bayar hutang pesta. *duh*

Ada lagi karena merasa biaya paling banyak dari keluarga yang mana, akhirnya uang amplop itu diambil sama pihak keluarga, dan si pengantin nggak kebagian. *gigit seprei*

Padahal menurut saya sih, amplop hajatan itu yang palin benernya diberikan untuk si pengantin, sebagai bantuan modal hidup baru terpisah dari orang tuanya. Jadi budaya kebiasaan seperti diatas sebenernya kurang pas aja sih. 

Eh maap yaa, no offense :P

Makanya kalau soal ini sebaiknya harus didiskusikan terlebih dahulu kepada pihak keluarga. Uang amplop hajatan itu buat apa, dan siapa. Jangan sampe ada sengketa apa lagi ribut. Walaupun jumlahnya nggak pernah sama dengan apa yang dikeluarin (hahaha saya buka kartu nih), tapi lumayan banget, bisa dimanfaatin buat bayar DP rumah. :D

Manfaatkan Promo

Nah ini, buat yang nggak kebagian amplop hajatan dan nggak punya tabungan, saatnya kita untuk jeli melihat promosi yang dilakukan oleh developer perumahan. 

Sekarang ini banyak developer yang memberikan kemudahan dalam kepemilikan rumah, misalnya dengan menawarkan cicilan DP. Jadi walau nggak punya duit banyak, tetep masih bisa koq bayar DP rumah yang mahal banget itu dengan mencicilnya. Biasanya sih developer akan memberikan waktu maksimal 1 tahun untuk cicilan DP ini.

Dan jangan lupa, cari developer yang bener-bener terpercaya yah. Kalo bisa cari promosi yang cicilan DP itu udah all in sama biaya-biaya tetek bengek surat-surat rumah.


THR

Pas banget 1 bulan lagi kita bakal memasuki Bulan Ramadhan nih. Biasanya menjelang hari raya, buat kita yang bekerja akan mendapatkan yang namanya duit Tunjangan Hari Raya, alias THR yang besarannya 1x Gaji. Lumayan kaan? :D

Nah kalau berminat untuk segera memiliki rumah, kita bisa banget memanfaatkan uang THR ini sebagai pembayaran DP rumah. Mumpung masih hidup berdua doang, kebutuhan hidup juga belum banyak, dan masih bisa ngandelin dari gaji doang. 

Apalagi kalau kita dan suami sama-sama bekerja, lumayan kan, bisa dimanfaatkan untuk bayar DP rumah. :P


Ikutan Quiz atau Undian

Kalau yang satu itu saya nggak begitu menyarankan sih, tapi kalau yakin punya faktor keberuntungan yang nggak pernah abis, boleh juga untuk di coba. Sekarang ini banyak pihak yang mengadakan undian, promosi dan event atau challenge yang berhadiah uang senilai ratusan juta, bahkan sebuah rumah.

Kalau berjiwa nekat dan punya faktor 'luck', silahkan di coba. :)))))

Berdoa

The last but not least. 

Duh kenapa sih berdoa selalu ditaro terakhir, padahal semua awalnya dari doa. *dipentung*

Seperti kata-kata saya diatas, Allah selalu punya cara untuk mengabulkan permintaan hambaNya. Jangan pernah mengabaikan kekuatan doa. Minta dimudahkan dalam segala urusan, termasuk keinginan untuk memiliki rumah. Niscaya pasti kalau ada usaha dan doa, pasti ada jalan.

Dan jangan lupa untuk mengukur diri sebelum membeli rumah. Jangan sampe uang DP, dan cicilan rumah yang sudah dibayarkan hangus, karena nggak sanggup bayar cicilannya.

Nah itu dia tips cara cepat membeli rumah ala saya. Hahahaha. Guyon banget yaa.

Dari trik-trik diatas, sudah saya coba semua, dan alhamdulillah, sekarang lagi proses pengajuan KPR. Hihihi. Doain yaaa, semoga KPR saya goal. Nanti saya akan cerita lagi soal pengajuan KPR dan segala tetek bengeknya.

Kalau punya tips cara cepat beli rumah yang lain, boleh juga di share di komentar yaa  :D

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Anggun Fuji
A Wife | An Engineer | Love to talk about Home Decor, Lifestyle and Beauty Things (♥ω♥ )

9 komentar :

  1. Waini bener banget. Amplop hajatan disisihkan buat tabungan DP rumah, jadinya ngga terlalu berat juga menyisihkan dana dari gaji untuk tabungan DP.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iyya mbaa... lumayan banget itu amplop hajatan, buat nambah-nambahin DP rumah XD

      Hapus
  2. Wah ini pr aku banget. Beli rumah serta nabung buat dp nya. Thanks ya infonya :)

    BalasHapus
  3. aku berdoa terus supaya punya rumah. Iya akan banyak promo untuk penjualan rumah, kalau menjelang Ramadhan. Semoga mendapatkan rumah yang klik ya Mbak.

    BalasHapus
  4. Kalo menurutku sih nabung di tabungan konvensional agak2 tergilas inflasi. Yg ada kepotong pajak, admin. Ya mending invest di LM atau lainnya.

    Btw, amplop hajatan. Menurutku balik lagi ke kesepakatan kedua keluarga. Ada yg diberikan ke keluarga cw karena pestanya keluarga cw. Ada yg diberikan ke keluarga cowo karena acara ngunduh mantu. Ada jg yg untuk pengantin, tergantung kesepakatan. Agak2 sensitip tapi ya harus tegas.

    Aku DP cuma 10%an karena KPR rumah pertama. Kalo rumah kedua dst kayanya emang 30%. Aku DP pake uang cairan jamsostek. Huahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wbetul juga tuh, nabungnya dijadikan Invest ke LM. :D
      Wah, enak bangeet 10%, kalo aku kebetulan kemarin DPnya 15% dah udah all in sama biaya tetek bengek surat-surat rumah, kecuali biaya KPR. Lumayan terbantu, dg promo perumahan dan THR yang utuh XD

      Hapus
  5. Alhamdulillah sudah punya rumah sebelum menikah, rumah suami :D tapi ngomongin soal amplop hajatan kalau di Madura biasanya juga jadi catatan hutang mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, makanya aku no offense lah kalo soal budaya, :))) Urusan amplop emang sensitip, harus diskusi dulu :)))

      Hapus
  6. Wah modalnya berapa biar amplop hajatan bisa buat DP rumah? hehehe... semoga lancar ya rencananya

    BalasHapus