Kapan Idealnya Menikah ?

Pertanyaan horor abad ini. ;D
Ceritanya minggu ini di Instagram lagi heboh banget dengan berita pernikahan putra seorang tokoh agama terkenal. Yang bikin hebohnya lagi, ternyata putra tokoh agama tersebut, menikah pada usia yang sangat belia, 17 tahun. Ia menikahi seorang mualaf asal china, yang berusia 20 tahun. Terus nih, eh banyak banget yang ngeposting foto-foto anak ustad ini dengan caption-caption yang nyiyir, ada pula yang pake bawa-bawa dalil agama pula. "Jadi contoh nih". what?! wait... wait...... lihat dulu dong, kenapa anak 17 tahun itu berani menikah..... :D 

Saya ketemu mamas saat usia saya 21 tahun, masih kuliah, tapi sudah bekerja untuk membiayai kuliah :P (oke,ini gak ada hubungannya). Jaman-jamannya saya sekolah sampe kuliah koq ya nggak pernah kepikiran untuk pacaran. Ada sih yang di suka, tapi ogah kalo pacaran, ngabisin duit bok. :)) Waktu itu saya sedang sakit hati banget, ada laki-laki yang (kabarnya dia suka sama saya) trus karena saya nggak tanggepin, dia jadi memfitnah saya di medsos. iyuuhh banget kan (-__-)a . 

Nggak lama setelah kejadian itu saya ketemu mamas, dan mamas ini sifatnya tipikal saya banget. Koq ya sesuai banget dengan doa-doa saya waktu itu XD. Cuma dalam beberapa bulan, mamas ngajak menikah, saya langsung setuju. Hahaha. Makanya jangan remehkan kekuatan sholat dan doa yaa :P

Buat saya menikah itu bukan soal legalisasi urusan seks dan lisensi tinggal serumah sih. Tapi adalah ibadah untuk menyempurnakan Agama. Dari pemahaman menikah adalah ibadah itu lah mengapa sangat dibutuhkan kesadaran dan kesiapan dari pasangan suami-istri untuk bersungguh-sungguh menjalankan segala kewajiban dan hak dalam kehidupan rumah tangganya.

Nah, dari berbagai pengalaman di sekitar, saya berpikir bahwa usia ideal menikah itu tergantung dari kemampuan, kedewasaan, kondisi spiritual dan kematangan emosional sesorang. Dan juga tergantung kapan jodohnya dateng sih. hehahaha.
Poster dari BKKBN. Generasi Berencana
Saya menikah dengan mamas pada saat usia 24 tahun (menjelang 25 tahun). Sempet mikir juga dulu, "Apakah ini adalah waktu yang ideal?" karena ibu saya menikah di usia 25, dan baru hamil saya ketika usianya 26 tahun. Ah, santai aja lah, lagian emang udah pas juga, ngapain juga lama-lama pacaran. Dan ketika saya bertanya dengan mamas jawabannya, "Menurut aku, kamu emang dari dulu sudah siap menikah, makanya aku ngajak nikah." Udah, gitu aja. Jadi saya dan mamas memang pas banget ketemunya, sudah selesai kuliah, udah kerja, sudah menikmati bebasnya masa muda yang punya duit, XD sudah bebas jalan-jalan nge-bolang kerja di luar kota. Masa muda ku tidak sia-sia, hahahahaha

Makanya kalo ada anak-anak usia early 20-an curhat, "Koq bisa sih? duh jadi pengen cepet-cepet menikah!" atau "Saya mau menikah segera, bagi tips nya dong!" maka jawaban saya adalah, "Kalo lagi kuliah, fokus kuliah dulu, banyak sholat dan berdoa aja, minta cepet dateng jodohnya.."

Soalnya nih... setelah menikah itu otomatis prioritas kita akan berubah. Kalo dulu saya bebas nerima kerjaan keluar kota seminggu, sekarang mau ninggalin suami, kerja 3 hari aja rasanya bersalah banget. :P Sekarang jadi ada alasan untuk menolak tawaran kerja ke luar kota. hihihihi. Kalo beli ini itu, atau pergi dari mana-mana, saya selalu ingat mamas, yang ada di rumah. :D

Apalagi buat yang laki-laki kalau bisa sebelum menikah, bekali diri dengan ilmu agama dan juga wajib berpenghasilan, karena ketika ijab qabul di ucapkan, saat itu juga tanggung jawab orang tua kepada anak perempuannya selesai sudah, dan berpindah ke suami. Lah kalo laki-laki nya sholatnya masih setahun 2x, puasa bolong-bolong, gimana mau membina istri dan anak?? Kalo hidup aja masih numpang sama orang tua, orang tua yang biayain, lah gimana mau menafkahi istri dan keluarga?? :D

Intinya sih, jangan terlalu termakan postingan-postingan nyinyir di socmed. Jangan jadi pengen nikah cuma karena deadline umur atau temen-temen se-angkatan udah pada nikah. Santai aja, nikmatin aja masa muda dulu, jangan sampe buru-buru nikah trus akhirnya menyesal. :P Setiap orang punya masalah dan jalan hidupnya masing-masing koq. "Tapi, si anu nikah muda, dan happy tuh!" itu sih dia, kita kan belum tentu kayak dia. :P Jangan lupa juga jodoh, rezeki, dan mati itu jawabnya ada di ujung langit. Dan kita tidak ber-hak untuk menanyakan takdir kepada orang lain, apalagi pake nyiyir. Adabaiknya kita turut mendoakan teman-teman kita yang belum mendapatkan jodoh, dan menguatkan yang belum diberi rezeki agar terus berusaha dan mendekatkan diri kepadaNya. :P

Udah yaa, itu aja. Eh, trus, kapan mau menikah? XD

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Anggun Fuji
A Wife | An Engineer | Love to talk about Home Decor, Lifestyle and Beauty Things (♥ω♥ )

0 komentar :

Posting Komentar