Spring Comes Earlier in Indonesia


Spring comes Earlier?
Heloo.... sejak kapan Indonesia punya musim semi??
Judul posting kali ini berkaitan dengan Hanami. Yup Hanami, kebiasaan orang jepang piknik di bawah pohon sakura untuk menyambut musim semi.

Lho, memangnya ada Sakura di Indonesia?
Ada! (ˆ⌣ˆ‎​​​​) Dan ternyata nggak usah jauh-jauh ke jepang untuk piknik dibawah bunga sakura. Berbekal informasi dari perpustakaanya mbah google, Bunga sakura di Indonesia, akan mekar 2 kali dalam setahun, yaitu bulan Januari-Februari, dan November. Mengingat umur bunga sakura itu sangat pendek dan bergantung pada cuaca. Gue dan Panda memutuskan untuk berangkat Hanami ke Kebun Raya Cibodas pada tanggal 12 Januari 2013, Karena tanggal 19 dan 26 Januari nanti, Panda harus ikut kursus CCNA, jadi jadwal hanami dimajukan.  Dan perjalanan ini kami mulai....


As usual, weekend gini ke arah puncak pasti macetnya ampunan. Fyi, buat yang belum biasa ke puncak, Jadwal buka-tutup jalur di hari weekend dimulai pukul 09.00-11.00. Usahakan jam segitu udah nyampe exit GT Ciawi ya.. biar gak bete, kena macet. 

Seperti posting gue sebelumnya, kali ini kita tetap menggunakan kendaraan umum untuk ke sana. Naik bus,kampung Rambutan ke arah Cibodas, dan naik angkot Rp 2500,- untuk dari pertigaan cibodas sampai ke kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. (Aneh, ya.. kencan koq senengnya ke Cagar Alam :P ).  

We are at Taman Nasional Gunung Gede Pangrango! \o/

Sayangnya hari H-2 keberangkatan ada berita buruk, terjadi longsor di kawasan Ciloto, puncak. Yaitu setelah puncak pass dan sebelum cibodas. Akhirnya dengan terpaksa kami melalui jalur Jonggol, karena ternyata sampai hari H, kawasan puncak masih ditutup untuk kendaraan umum.
Naik kereta wisata untuk berkeliling :D

Sampai di sana, Tiket masuk untuk Weekend pun tetap sama harganya Rp 6000,- dan ternyata kalau weekend gini, Kebun Raya Cibodas, penuh pengunjung! :O Dan artinya kami bisa berkeliling menggunakan kereta wisata. (capek muter2 125Ha -__-)

 




Saat berkeliling hutan, eh, Kebun botani XD (sebenernya lebih tepat dibilang hutan sih, luas banget!), gue sempet ngobrol-ngobrol sama petugas Kebun Raya, sekalian nanya-nanya tentang Sakura yang mekar di Kebun Raya Cibodas ini.

Saat kami datang, pohon sakura baru saja menggugurkan daun nya, jadi yang kelihatan itu hanya ranting-ranting, seperti pohon yang meranggas. Tapi kan aneh, koq, meranggas di musim hujan yang dingin. hihihi. Dan kata petugas kebun raya, itu adalah pertanda bahwa pohon sakura mulai berbunga. 

Sakura Garden yang mulai meranggas
"Ada beberapa pohon sakura yang sudah berbunga, terutama jenis himalaya yang diperkirakan akan mekar di bulan Februari." jelasnya

"Belakangan ini musim hujan nya bulan januari-februari, jadi mekarnya agak terlambat, dan diperkirakan akan mekar sempurna sekitar bulan maret-april. Terutama Sakura jepang yang selalu mekar serentak. Jadi, silahkan datang lagi bulan april." lanjut pak petugas. (gue lupa nanya namanya :P)

Oh iya, bunga sakura ini sangat sensitif terhadap suhu panas, bila suhu udara menghangat, alias memasuki musim kemarau, maka bunga sakura akan segera layu. Makanya Sakura yang ada di Cibodas tidak ada yang berbuah cherry.

Karena tujuan utama kita adalah Kebun Sakura  kami langsung menuruni tangga yang cukup curam, pokoknya hati-hati banget! dan Jangan pake heels kalo kesini! (Ya iya lah!) dan menuju Sakura Garden yang berada di lembah, lengkap dengan sungai nya yang bening.....

Jeng jeng..... ternyata ketika kami ke sana, Pohon Sakuranya memang baru meranggas dan bermunculan kuncup bunga nya kyaa~ !!! (•̯͡.•̯͡)

Bunga sakura mulai mekar :D

Kuncup bunga sakura!

Sakura near ciwalen river, keliatan nggak?

Sakura yang ada di Kebun raya cibodas ini memang masih dalam penelitian. Bahkan ketika kami piknik, ada bapak petugas kebun raya yang memantau perkembangan bunga sakura. hihihi. (Maaf ya pak, mengganggu kebun nya. :P) Terutama waktu mekar nya yang masih belum bisa di prediksi, karena bergantung pada cuaca dan suhu udara di Cibodas.

yah, Walau agak kecewa sih karena sakura-nya belum full blooming, tapi bisa melihat bunga sakura dan benar-benar sakura,walau cuma satu-dua yang sudah mulai bermekaran, mengobati dan sudah cukup membayar, perjalanan panjang hari ini. Gak lupa juga sempetin deh main air di sungai ciwalen yang mengalir di Sakura Garden. hehehhe. Emang dasar anak kota, jarang ketemu sungai yang bersih! :P

Sebenernya sih yang bagus di Cibodas bukan cuma sakura nya, tapi emang kebun raya cibodas ini memang punya pemandangan yang ciamik!! Gak pernah rugi deh main ke sini! :D Semoga bisa datang lagi supaya menikmati hanami yang bertaburan bunga sakura! :D

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Anggun Fuji
A Wife | An Engineer | Love to talk about Home Decor, Lifestyle and Beauty Things (♥ω♥ )

0 komentar :

Posting Komentar