Hadiah dari Kebun Raya Cibodas

Setengah dari awal niatnya sih sebenernya karena gue lagi kesel karena sedang ribut-ribut sama si pacar. Niatnya mau menyendiri gitu, sekalian menghilangkan stress dari rutinitas kuliah dan kerja (maaak, capek beneran lho!), gue mulai merencanakan 'solo one day trip' ke Ciwidey, Bandung.

Tapi, perjalanan baru berada tahap rencana, begitu hari-hari mendekat, ternyata ada musibah tanah longsor di kawasan Ciwidey yang menutup jalan akses ke sana :( . Hih, antara kesel, marah, sedih banget. Udah dibela-belain ngambil cuti, pake ada musibah segala lagi! HIH! Terpaksa deh, rencana travelling diubah 180 sampe 270 derajat, untuk memilih wisata alam lainnya.

Akhirnya dengan 1/3 niat, keputusan dibuat, untuk menuju puncak. Kenapa koq 1/3? Sebenarnya gue kecewa dengan kawasan puncak saat ini. Makin banyak perumahan dibangun, sehingga hutan dan kawasan hijau yang biasanya menghiasi perjalanan ke puncak, menghilang. Tapi begitu melihat kawasan cibodas, hmm... mulai berfikir boleh juga nih, keindahan alam di sana, sekaligus mencari udara yg lebih dingin dari kawasan Puncak.

Pagi-pagi sang pacar udah nge-wanti-wanti bertemu jam setengah 8 di Terminal Kampung Rambutan, untuk naik Bis, jurusan Cianjur. Tarifnya Rp 15,000,- kalo cuma sampe puncak/cipanas, dan 20,000 kalo sampe Cianjur. Berhubung kita pergi di hari kerja, jadi, perjalanan cukup tanpa hambatan berarti, dibanding hari sabtu atau minggu. Perjalanan dengan bus terpaksa berhenti di pertigaan cibodas, dan melanjutkan lagi naik angkot, untuk menuju Kebun Raya Cibodas! \o/

Sebenernya gue udah pengen banget ke sini waktu sakura mekar bulan september kemarin. Tapi berhubung september jadwal juga full banget, gpp deh baru sekarang. Dan FYI aja nih, Sakura akan mekar lagi sekitar bulan Januari atau Februari. Yeay, artinnya bulan depan bisa ke sini untuk Hanami sama pacar! :*

Okeee Next!
Kami sudah sampai nih, tiket masuknya cuma Rp 6000,- aja sodara-sodara! Dibandingkan dengan Kebun Raya Bogor, hmm masih murah dan lebih bagus lagi! Berbeda dengan Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas lebih ber-tema Taman.

Dan perlu diketahui, suhu udara di Cibodas ini supeeerrrr dingiiiiiiiiinnn!!!!  Baru tiba di kawasan Cibodas, kami sudah disambut dengan udara dingin khas gunung gede. Sayang sekali lokasinya terpencil, padahal pemandangannya super indah (gue gak berlebihan!), nggak kalah dengan taman bunga nusantara atau tempat wisata alam lainnya.

Baru nyampe, kami malah bingung, memilih area yang mana yg akan dijelajahi. Karena kebun raya cibodas ini terlalu luas untuk dikelilingi dengan berjalan kaki. Baru memasuki jalan menanjak menuju Kebun Raya aja udah ngos-ngosan.
Tapi begitu mendengar suara gemericik air, kami langsung mencari sumbernya, dan..... SUBHANALLAH, WOW BANGET!!!

Landscape Sakura Garden, Taman Rhedorenon dari atas
Berjalan-jalan menjelajah Kebun Raya Cibodas memang melelahkan, tapi semua itu terbayar dengan pemandangan yang kita lihat. Sepanjang jalan menuju kebun raya cibodas saja, banyak bunga morning glory yang cantik! :D Bahkan menurut gue, harga tiketnya terlalu murah untuk wisata alam seindah ini. Ini kenapa judul posting kali ini Hadiah dari Kebun Raya Cibodas.

Sungai dari Curug Cibogo yang melintasi Sakura Garden
Kami langsung mencari jalan menuruni tangga yang membawa kami ke Sakura Garden. Gemericik air yang kami dengar ternyata adalah sungai kecil (lupa namanya) dari curug cibogo yang mengalir melalui Sakura Garden. Sayang kami datang di bulan desember, saat bunga sakura belum mekar, hanya batang kehijauan dan daun-daun sakura seperti yang ada di kue sakura mochi yang terlihat :D hehehe.

Kami langsung menggelar bekal makan siang dan bermain air di sungai. Airnya jernih dan dingiiiiin banget! Ada belut nya pula! Padahal sudah pukul 14.00, tapi air di Cibodas masih seperti air dari kulkas!! Brrr!!

Berhubung musim hujan, waktu kami di Kebun raya Cibodas, pun singkat. Awan mendung sudah memayungi Gunung Gede, padahal sih masih mau berlama-lama di sana. Huhuhu. Pemandangannya bener-bener indah!. Bahkan kami yang sebelumnya sedang bermasalah, malah jadi akur sepulang dari sini. (Halah! XP ). Pokoknya, nggak rugi deh jauh-jauh ke Cibodas! "6000 paling worth it nih!" kata pacar. hihihi~

Gak jadi 'Tea Walk', ' Pine Walk ' gak apa-apa deh :P

Pemandangan dengan 'view' Gunung Gede Pangrango

Kolam besar teratai :3 Cantik!

We found Dandelion!! :D

One Day Trip kali ini, sebenernya ingin dilanjutkan untuk Tea Walk di Gunung Mas, tapi hujan deras sudah mengguyur kawasan puncak, akhirnya kami berteduh di Masjid Atta'awun, sekaligus menunaikan ibadah sholat. Rencana tea walk pun terpaksa batal, dan kami memilih untuk pulang, karena hujan turun tidak berhenti sampai sore.

Oke, sampai disini jelajah hari ini, semoga bulan depan bisa kembali lagi untuk ngeliat sakura mekar di Cibodas. Ayo datang ke Kebun Raya Cibodas!! \o/