Keuntungan Menggunakan Top Level Domain .com /.net

Kapan pertama kali ngeblog ?

Blog ini dibuat pada tahun 2009. Lumayan lama juga ya, hehehe. Tapi waktu itu isinya hanya sekedar tugas kuliah. Selebihnya cuma sampah curhat, fanfic dan galeri gambar komik karya saya saja. Pengunjungnya pun hanya sebatas teman-teman kuliah, atau teman-teman dari forum fanpage saja. Saya belum begitu mengerti manfaat ngeblog.

Keuntungan Menggunakan Top Level Domain .com /.net
Lalu pada akhir 2014, blog ini kembali aktif saat saya dan mamas mempersiapkan pernikahan. Alasannya, saya nggak mau melupakan masa-masa seru itu. Saya ingin semuanya terdokumentasi dengan baik. Dan suatu saat nanti, saya dan suami (waktu itu masih calon suami), dapat mengingat, membaca kembali serunya mempersiapkan pernikahan.

Kemudian, seiring berjalannya waktu (bahkan sampai sekarang), ternyata banyak yang menanyakan pengalaman yang saya tulis di blog. Saya lumayan kewalahan kebanjiran email pertanyaan dari teman-teman calon pengantin.
* heyaak~ gaya banget sok banyak pengunjungnya *

Wew, rasanya sueeneeeeng banget malah ditanya-tanya gitu. Sebuah kehormatan banget bagi saya, bisa berbagi pengalaman, hehehe. Saya yang memang seneng bercerita, jadi ketagihan ngeblog!


As time goes by, saya semakin menyukai kegiatan blogging. Apalagi setelah bergabung dan mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan berbagai komunitas blogger. Semangat saya untuk menulis semakin kuat, ingin menjadi blogger yang lebih produktif, dan menjadikan blog ini lebih bermanfaat. Namun saya merasa ada yang kurang. Saya bertanya-tanya dalam hati, "Bagaimana yaa caranya blog ini agar lebih pro dan banyak pengunjungnya?"

Berkaca kepada teman-teman di komunitas blogger, saya menyadari salah satu kekurangan di blog ini. Saya belum menggunakan top level domain!

Saya pun mulai memberanikan diri untuk memiliki domain sendiri, dan merubah alamat blog saya dari yang hanya ber sub-domain, menjadi alamat url  dengan top level domain (selanjutnya akan disebut TLD).

Apa sih Top Level Domain itu?

Pernah memperhatikan blog yang berakhiran .com atau .net ?
Top Level Domain, adalah salah satu domain tertinggi pada hirarki sistem penamaan domain internet. Kalau Nama Domain atau Domain Name itu, biasanya lebih familiar dengan nama website.

Sedangkan Top Level Domain adalah segmen terakhir dari nama domain, atau banyak yang menyebutkannya sebagai akhiran domain. Atau yang paling gampang dilihatnya adalah kata yang posisinya paling kanan dari sebuah alamat website.

"Kenapa Sih Harus Menggunakan Top Level Domain?"

Meningkatkan Level dan Lebih Profesional

Sebenernya ngeblog, nggak harus pake TLD sih. Tapi kalau ingin merambah ke dunia profesional blogger, dan membuat blog lebih produktif, menggunakan TLD adalah kewajiban utama. Dengan domain sendiri, tentunya pengunjung akan jauh lebih percaya dengan tulisan kita, karena memberi kesan serius ngurusin blog. Yah kan TLD nya bayar, mosok gak mau serius sih?!

Dibandingkan menggunakan sub-domain dari platform blogging, kayak, " blablabla.blogspot.com " atau " blablabla.wordpress.com ". Memiliki blog dengan TLD akan meningkatkan level dari blog yang biasa-biasa aja, jadi lebih keren dan bergengsi.

Apalagi kalau disematkan di CV sebagai portofolio atau kartu nama kita. Bila punya alamat email dan blog dengan domain sendiri, misalnya, " www.ceritaanggun.com " atau email " contact@ceritaanggun.com "gitu kan.... BLAR!! Tingkat percaya diri dan ke-keren-an langsung naik 70%, ahaaaay~! :D

Agar Blog Lebih Mudah Diingat

Saya teringat dengan pesan dosen di kampus, "Dalam membuat nama domain sebuah website, usahakan tidak panjang atau sulit diucapkan."

Begitu juga untuk alamat blog. Pada umumnya netizen Indonesia lebih familiar dengan TLD Dotcom atau Dotnet. Kalau dulu alamat blog saya lumayan panjang dan ribet nyebutnya : anggunfuji.blogspot.com. Sekarang saya membuatnya lebih singkat dan mudah untuk diingat dengan alamat baru di : www.ceritaanggun.com.

Gimana, lebih gampang diingat, kan?

Motivasi Untuk Menulis Lebih Produktif

Walaupun sebenarnya biaya untuk registrasi TLD enggak mahal, kalau enggak serius ngeblog, rasanya uang saya terbuang percuma. Makanya sejak blog ini menggunakan TLD, saya telah membulatkan tekad untuk serius mengelola blog ini. Saya berusaha keras untuk lebih disiplin dalam menulis sesuai tema setiap minggunya, walaupun masih terseok-seok sih ( soalnya baru bisa ngeblog, kalo di kantor doang ). * ngarep ada yang ngasih laptop * hehehe.

Dan karena blog ini udah tampil lebih profesional *uwasek*, mosok isinya cuma gitu-gitu aja. Saya juga jadi termotivasi untuk membuat tulisan yang lebih bermanfaat dan nggak hanya diisi curhatan galau.

Alasan dan Manfaat Menggunakan Top Level Domain

Lebih Mudah Menguasai SERP dan Meningkatkan Trafik

Rata-rata netizen hanya akan mengakses website yang tampil di halaman 1 s/d 3 dalam halaman pencarian google aja lho. Makanya menempatkan alamat blog di halaman utama pencarian itu penting banget untuk menarik trafik pengunjung.

Banyak pakar SEO yang menyarankan menggunakan Top Level Domain untuk menarik kunjungan trafik sebuah blog. Karena mesin pencari google itu, lebih memprioritaskan blog dengan Top Level Domain daripada hanya menggunakan subdomain dari platform blogging di halaman utama pencarian google. Nah, gak mau kan, kehilangan kesempatan potensi kunjungan blog ??

Oh iya, jangan khawatir kalau rank blog kita akan mulai lagi dari awal, jika baru menggunakan Top Level Domain yah. Faktanya setelah menggunakan TLD, trafik pengunjung blog akan lebih meningkat dari sebelumnya, lho.

Lebih Mudah Mendapatkan Tawaran Kerjasama

Heyaaak.... saya mah nggak munafik soal ginian. Hahahahaha
Walaupun awal ngeblog rencananya cuma buat sharing aja, tapi siapa sih yang nggak kepengen mendapatkan hepeng dari blognya, dan penawaran kerjasama dengan brand ternama ?? *uhuk* *lap iler*

Sekarang ini profesi seorang blogger sudah mulai banyak dilirik lho. Karena berdasarkan survey yang pernah dilakukan oleh Brandanew, 56% konsumen lebih suka membeli produk berdasarkan review personal. Makanya banyak agensi digital marketing yang menawarkan kerjasama dengan komunitas blogger, untuk mempromosikan produk-produk clientnya. Namun, biasanya para client menolak bekerjasama dengan blogger yang belum menggunakan Top Level Domain.

Sayang banget kan, kalau nggak bisa ikutan hanya karena belum pakai Top Level Domain?

"Trus, Dimana Sih, Beli Domain?"

Sebelum ini saya juga sempet ragu-ragu untuk membeli domain. Banyak yang menawarkan harga murah, fitur ini-itu, tapi ternyata biaya dibelakangnya banyak. Ndealah saya mendapat penawaran #DotComForBlogging dari DotComForMe. Harganya murah banget, cuma Rp 100.000,- an, siapa yang nggak tergiur coba.

Di www.DotComForMe.com ada 2 TLD yang bisa dipilih, .comDotcom ) untuk commercial, dan .net ( Dotnet ) untuk network. Sebenernya pilih yang mana aja gak ada masalah sih, karena dua TLD ini sudah sangat populer di kalangan netizen dan nggak butuh syarat registrasi yang ribet, koq.

Cara beli domainnya juga gampang banget. Tinggal registrasi aja, kemudian cari nama domain dengan top level domain yang diinginkan.
Tampilan Website Dotcomforme
cek nama domain yang kamu mau, apakah tersedia?
Setelah itu tinggal bayar! yey!

Setelah pembayaran di konfirmasi, selanjutnya adalah mengkonfigurasi blog dengan domain name yang sudah dipesan.


Oh iya, proses ini membutuhkan waktu sekitar 6-8 jam, dan maksimal 1x24 untuk propagasi, jadi sabar sedikit yaa.. hehehhe

Kalau masih bingung cara mengkonfigurasi blog ke domain kamu, tenang aja DotComForMe juga menyediakan tutorial yang mudah untuk diikuti lho. Kalau masih bingung juga, ada customer service yang ramah, dan siap membantu bahkan lewat chatting via Whatsapp! hihihi asik kan?

Blognya sudah pakai domain sendiri. yeaay :D

Oke deh, sekarang blog nya sudah lebih keren dengan domain sendiri. Gampang kan?? Hehehe
Mau blog kamu tambah keren? Yuk pakai Top Level Domain!

Oh iya, kalau kamu punya pengalaman setelah menggunakan Top Level Domain .com / .net , yuk sharing pengalaman kamu, dan ikutan kompetisi blog dari DotComForMe. Hadiahnya jutaan rupiah lhoo. Informasi lengkapnya, klik banner dibawah ini ya. :D


Tulisan ini diikutsertakan dalam kompetisi blog #DotComForBlogging by DotComForMe



Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Anggun Fuji
A Wife | An Engineer | Love to talk about Home Decor, Lifestyle and Beauty Things (♥Ļ‰♥ )

1 komentar :

  1. Sangat informatif, tambah keren juga dengan tambahan infografis yang kreatif. Kami tertarik untuk bekerjasama dengan mba Anggun.

    BalasHapus