Alasan Menggunakan Top Level Domain .com dan .net

Pengumuman! Pengumuman!

Mulai bulan ini, alamat blog saya dapat diakses menggunakan url : www.ceritaanggun.com lho *yeeaaay * *tebar confetti*

Pengen ngadain giveaway deh syukuran rumah baru, tapi nanti yaa hahaha saya belom kepikiran idenya. Atau ada yang mau jadi sponsor? Silahkan cek alamat email saya yah di samping. XD *ngarep*


Setelah sekian lama, akhirnya keturutan juga bisa punya domain sendiri. hehehe. Ada banyak alasan kenapa akhirnya saya mau menggunakan Top Level Domain untuk blog ini. 



"Kenapa sih memilih domain .com / .net ?"

Waktu pertama memutuskan menggunakan Top Level Domain, saya sempet bingung memilih TLD yang tepat. Maklum, namanya juga kepengen keren. hahaha. *LOL* *slapped*

Kemudian setelah semedi di gunung, dan mencari wangsit dan bertanya pada suhu-suhu SEO  (aslinya gak gitu juga sih), saya memutuskan untuk menggunakan Top Level Domain dotcom (.com). Kenapa sih ?

Murah

Saya mah nggak munafik soal duit. *naluri emak-emak* 
Buat kita blogger atau pelaku bisnis pemula yang mau mulai mengembangkan usaha, harga Top Level Domain lumayan ngaruh buat memilih domain yang bakal dipakai.

Dari pada menggunakan Top Level Domain yang mahal, padahal ngeblog atau bisnis belum tentu jalan/untung. Saya memilih menggunakan Top Level Domain dotcom/dotnet, karena harga pembeliannya cuma sekitar Rp 100.000,- an/tahun. SERATUS REBU PERTAHUN ! maaf pakai capslock, soalnya MURAH GILAK ! hahaha *LOL*

Coba deh, cek DotComForMe.com, untuk pembelian domain .com/.net harganya cuma Rp 100.000,-/tahun. Selain nama domain, dan DNS Manager service, di DotComForMe juga memberikan fitur email forwarding lho. Nanti email kita nggak lagi pakai "@gmail.com", tapi bisa menggunakan nama domain kita sendiri, misalnya "hello@ceritaanggun.com" , keren dan jarang banget kan, ada jasa domain nawarin fitur begini.

Coba bandingkan sama uang jajan perbulan, dan keuntungan yang didapatkan setelah menggunakan Top Level Domain, NGGAK SEBANDING, BUKIBUK! Beneran deh, it's worth banget buat investasi blog atau website bisnis kita!

Populer

Kebanyakan dari pengguna internet akan menggunakan Top Level Domain dotcom / dotnet saat melakukan pencarian, atau mengakses sebuah alamat website. Bahkan menurut Google, penggunaan domain .com adalah yang paling besar, lalu kemudian disusul domain .net, dibandingkan dengan Top Level Domain lainnya. 

Karena domain .com / .net ini sudah sangat populer, sehingga mempermudah calon pelanggan menemukan website kita. Bahkan perusahaan besar pun menggunakan Top Level Domain .com seperti Google.com / Instagram.com.

Registrasinya Nggak Ribet

Beberapa top level domain, biasanya memberikan syarat tertentu untuk kepemilikan domain. Seperti SIUP, dan ende-bla, ende-blu. Akh, pokoknya ribet banget syaratnya. * anaknya seneng yang praktis aja *

Sedangkan untuk yang sedang merintis usaha, atau blogger kayak kita gini, biasanya masih belum punya surat-surat izin usaha yah. (yee kali ah, ada surat izin usaha blogging ). XD 

Nah, kalau menggunakan domain .com / .net, itu registrasinya GAMPANG BANGET! Nggak perlu banyak syarat, apalagi surat-surat. Yang penting data yang diinput bener, bayar, selesai! Domain jadi milik kita, bisa langsung jualan, bisa langsung tambah keren. Tapi jangan lupa untuk diperpanjang ya, biar kerennya nggak sementara. *LOL*



"Pengen juga pakai domain, ribet nggak sih?"

Sesuai dengan cerita saya diatas, menggunakan Top Level Domain .com / .net itu nggak susah sama sekali. Tinggal registrasi ke www.dotcomforme.com, lalu masukan data diri kita, selaku pengelola website.


Lalu masukan nama domain, dan pilih top level domain yang yang diinginkan.

Jangan lupa selesaikan pembayarannya. hahaha *iyalah*

Setelah pembayaran di konfirmasi, kemudian dapat melakukan konfigurasi domain ke blog. Atau untuk yang ingin memiliki website, dan nggak mau ribet, DotComForMe punya paket webhosting blog yang lengkap dan murah banget. Harganya mulai dari Rp 150.000,-/tahun.


Gimana, gampang banget kan?

Kalau masih bingung, tenang aja DotComForMe juga punya tutorial cara membeli domain, dan cara konfigurasi domainnya seperti disini.

Oke deh, itu aja alasan saya memilih menggunakan Top Level Domain .com/.net untuk ngeblog. Kalau kamu gimana? Yuk sharing cerita kamu, tentang #DotComForBlogging!




Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Anggun Fuji
A Wife | An Engineer | Love to talk about Home Decor, Lifestyle and Beauty Things (♥ω♥ )

6 komentar :

  1. makin rajin ajah deh ini nulis XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahahak~ iyaa lagi belajar untuk rajin lagi :)))
      makasih udah mampir.... :* :*

      Hapus
  2. Hihi saya baru ganti domain nih, tfs ya semoga menang maak aamiin

    BalasHapus