Life After Marriage

Dulu saya berpikir, setelah menikah nggak akan berbeda jauh dengan masa pacaran. Kalau sekedar berbenah rumah, mencuci baju dengan tangan, rasanya seperti memindahkan pekerjaan yang tadinya di rumah orang tua, sekarang di rumah sendiri. Ah itu mah ganciil!!

Saya suka banget episode WGM nya mereka :* 

Tapi ternyata nggak semudah itu sodara-sodarah, banyak hal yang berubah, kita nggak lagi memandang pasangan sebagai pacar, tapi sebagai partner hidup. Cara pandang dan pemikiran kita pun ikut berubah, ada yang waktu jaman pacaran nggak kelihatan, pas udah nikah, terbukalah semua, dari yang sebelumnya malu-malu, jadi cuek bebek, dari yang nggak pernah bebenah, akhirnya jadi sering bebenah bareng. hihihi berikut beberapa pengalaman saya dan mamas alami setelah menikah : 

1. Prihatin dengan Tarif Listrik
Sejak pindah rumah, otomatis tagihan listrik dibayar sendiri dong, apalagi sekarang jamannya udah pake token, ngga pasca bayar lagi. Walaupun kami hanya rumah tangga kecil, tapi tarif listrik ini ternyata rasanya pengeluaran dengan effort banget lah. Berasa banget, Listrik itu MAHAL, yaa adek-adek. Jadi jangan boros-boros pakenya. Apalagi kalo listrik di rumah bukan untuk masyarakat bersubsidi. Berasa banget bok, bedanya token listrik untuk 900W dan 1300W! 

2. Selisih Harga Belanja
Dulu sebelum menikah, saya dan mamas nggak begitu memperhatikan selisih harga. "Ah cuma beda seribu-dua ribu". Belanja sajalah di hypermarket terkenal juga gak apa-apa *menang gengsi* *slapped*. Ternyata setelah menikah, hal seperti itu adalah kesalahan besar yang berpotensi menyebabkan kebocoran keuangan yang tidak disadari!  Ya kalo beli barangnya sedikit, ngapain lah seribu-dua ribu dipermasalahkan. Lah kalo belanjanya banyak, kayak belanja bulanan, selisih Rp 2000 x 50 items. kerugan yang dialami sudah Rp 100.000. Maka dari itu cermat lah memilih supermarket anda. :))

3. Prioritas
Nah kalo dulu punya duit maunya yaa beli barang-barang pleasure, jajan di cafe-cafe lucu, atau jalan-jalan nggak tau kemana yang penting bisa pamer di socmed. *slapped* Sekarang mah kalo ada duit lebih mendingan beli barang yang bisa dipake bareng-bareng, atau keperluan yang lebih penting, misal : tabungan renovasi rumah, investasi. Liburan bareng suami sih tetep lah ya, itu hitunganya relationship maintenance, dan tetep ditempat-tempat yang instagramable buat pamer :P * cemen levelnya instagram*  Pokoknya saya dan mamas berubah banget, jadi mikirin bagaimana menjalani kehidupan bersama, keuangan keluarga, tetek bengek rumah tangga sampai membesarkan anak.

4. Lebih Suka di Rumah
Kata orang umur 1 tahun pernikahan itu masih masa-masa bulan madu, lagi seneng-senengnya. Saya dan mamas sampai sekarang juga gitu sih (semoga sampai seterusnya) lebih seneng menghabiskan waktu bersama di rumah, Kalo dulu senengnya ke mall, nonton, piknik, eh piknik sih masih yaa. :P Sekarang maunya tiap libur ya di rumah aja lenjeh-lenjeh, malas-malasan, ngobrol, dan juga memasak bersama. Kadang males untuk jajan di luar karena lebih enak masakan sendiri. :P

5. Tidak Ada Topeng
Selain urusan kamar yaa, maksudnya disini kita sudah menjadi pribadi yang asli. Tidur mendengkur, males bangun pagi, suka pake baju belel, pasangan buang angin sembarangan? yah gimana dong, wong dari bangun tidur sampe mau tidur lagi orang itulah yang akan selalu ada disamping. :))

6. Panggilan
Waktu masih jaman pacaran, maunya manggilnya "sayang...." "my love...", setelah menikah, otomatis panggilannya 'naik pangkat' jadi lebih dewasa,"Ayah", "Ibuk". Aak~ koq rasanya  masih belum siap dipanggil ibu. :))

Pokoknya kalo ada yang bilang, menikah itu berat, yaa berat tapi asik. hahahaha Seru banget malah. Tapi jangan dulu menikah kalo belum siap yaa. :P

Kamu, sudah siap berubah?

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Anggun Fuji
A Wife | An Engineer | Love to talk about Home Decor, Lifestyle and Beauty Things (♥ω♥ )

3 komentar :

  1. aduh rasanya belom siap sih kalo menikah pas baca beginian T-T

    Oh Dear Bumblebees

    BalasHapus
  2. kayanya dulu smpt jd blog wedprep ya?
    pgn liat vendor reviewnya nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. klik tombol di sidebar (kanan) "Our Wedding" yaa :D

      Hapus