Unplugged Wedding Mungkin kah?

Well...... punya foto pernikahan yang penuh makna, diambil dengan angle-angle yang sempurna. Tata cahaya yang pas. sangatlah diimpikan oleh semua pengantin. I am pretty sure, eh tapi ini menurut gue doang sih, nggak tau kalo buat orang yang cuma sekedar "yang penting ada fotonya". Yang pasti, walau gue bukan fotografer profesional, bukan ahli fotografi, bukan lulusan sekolah atau universitas bidang Desain dan yang 'nyeni-nyeni' lainnya. Tapi gue adalah salah satu orang yang menyukai fotografi, dan cukup tau, untuk mendapatkan gambar yang sempurna itu nggak gampang.
Pesta Pernikahan tanpa kamera handphone, bisakah?
Mengambil foto yang proporsional itu susah-susah gampang. Gampang kalo dapet angle yang pas, momen yang pas, cahaya yang pas. Susah kalo udah dapet angle yang pas, tiba-tiba ada orang nyerobot dan kita terpaksa mengganti posisi. dan itu SANGAT MENYEBALKAN!! :((

Setuju kan, kalo menggunakan Ipad seperti ini mengganggu banget :( 
Waktu gue meeting dengan vendor photography, beliau menyanggupi seluruh keinginan gue, (maklum gue rada rewel, soalnya udah punya storyboard sendiri di kepala XD ), dan gue seneng banget. tapi dengan catatan tidak diganggu oleh tamu. Dan rasa-rasanya semua vendor nggak menggaransi ini deh. Jadi kalo tamu kita suka ngambil gambar, dan suka maju ke meja akad atau ke karpet tempat kirab dan mengganggu kinerja vendor, sehingga kinerja vendor memburuk, itu udah resiko pengantin. Sayang banget kan, udah bayar mahal-mahal ngga dapet gambar yang bagus apalagi di saat-saat penuh makna, dan cuma sekali seumur hidup, HUWAAAA~~~!!! GAK MAUUU!!!! :((

Kasihan banget deh, Groom nya sampe harus miring untuk lihat Bride nya,
karena ketutupan tamu yang pake smartphone :(
Duh, kami ingin berbagi momen sakral ini dengan teman-teman dan keluarga :(
We want to share our happiness with you, look at your face, not your devices :(
Nah, untuk mencegah tamu yang mengambil foto sembarangan dan mengganggu fotografer kita, ternyata ada caranya lho gals. Bahasa kerennya "UNPLUGGED WEDDINGS".

Berikut cara-cara yang bisa kita lakukan untuk menghimbau kepada para tamu :

1. Mintalah MC untuk mengingatkan kepada para tamu agar tidak mengambil foto pada saat prosesi berlangsung. Terutama saat akad nikah (ceremony), saat kirab, dan prosesi yang tidak dapat diulang.

2. Buatlah penanda, tulisan yang dapat dipajang di dekat pintu masuk, sebagai tanda bahwa kita meminta dengan baik, untuk tidak memperkenankan mengambil gambar dari smartphone, dan kita sudah punya tim terbaik untuk fotografi.

3. Mintalah tim penerima tamu untuk menjaga dan menghimbau kepada tamu, untuk menyimpan smartphone & kamera tamu, atau dengan menitipkannya dan dapat diambil saat meninggalkan pesta pernikahan

Unplugged Weddings Sign
Please turn off your devices :)
Hal yang harus diperhatikan selanjutnya untuk Unplugged Wedding adalah, kekecewaan tamu yang tidak dapat mengabadikan saat akad nikah. Ah gak masalah lah, yang penting adalah momen sekali-seumur hidupnya ini jangan sampai terlewat dan tidak terdokumentasi dengan sempurna.

Rencananya gue dan mamas akan memberlakukan Unplugged Wedding untuk acara kita nanti, terutama untuk momen-momen sakral, karena ini hanya sekali-seumur hidup, dan tidak dapat diulang.

Sebelumnya kami juga memohon maaf kepada teman-teman yang juga mungkin membaca blog ini, dan yang akan hadir dalam acara pernikahan kami. Bahwa kami tidak memperkenankan untuk menggunakan smartphone & kamera selain fotografer yang ditunjuk selama acara berlangsung. Dan yang paling penting, semoga acara dapat berjalan lancar sesuai rencana :) Aamiin.

Kalau punya waktu luang lainnya, please kindly read this :)

Terima kasih sudah membaca yaaa :D

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Anggun Fuji
A Wife | An Engineer | Love to talk about Home Decor, Lifestyle and Beauty Things (♥ω♥ )

2 komentar :

  1. So helpfullllllllll, many thanks >·<

    BalasHapus
  2. wahwhwhwhw.... TUMBEN !!! :)
    sayangnya baru beberapa klien kami yg BERANi sependapat dengan ini. hahaha
    bahkan WO + MC aja masih kalah galak dibanding kite...
    kite...??ayam kali kate...wakakaka

    BalasHapus