Bride Notes : Tips Memilih Catering

Halo Apa kabar??

Hari Minggu terik begini, enakan ngendon di kamar aja yaaa... hahaha
Pengennya sih sambil nyicil perintilan, mumpung bulan ini banyak banget berkah tanggal merahnya. Tapi apadaya, mamas juga lagi masuk kantor, nggak bisa nemenin, jadilah kita cerita-cerita sedikit aja yaa.

Hayooo menu nya apa ajaa? :D
Oh ya, banyak yang bertanya, apa yang menjadi dasar ketika kita memilih catering untuk acara pernikahan?
Berikut tips-tips dari kita (gue dan mamas) terkait beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan ketika memilih catering. Langsung aja yaa.. cekidot!! XD

1. Taste
Dalam memilih catering, rasa adalah yang paling utama. Karena ini adalah yang akan kita sajikan kepada tamu yang datang. Gue dan mamas concern banget soal ini, jadi nyoba test food ke beberapa vendor sebelum memutuskan adalah hal yang wajar-wajar saja!! hahahaha!!  Jadi jangan malu-malu yaa untuk ikut test food! Tenang aja, catering yang bagus servicenya pastinya akan memisahkan antara untuk undangan tamu dan test food. Jadi nggak khawatir akan kekurangan makanan untuk tamu kita, jika suatu saat ternyata acara kita digunakan sebagai ajang "SHOW" nya si Catering.

2. Pakcage & Presentation
Pengemasan dan Penampilan, nah ini pentingnya ikut test food, selain bisa merasakan rasa makanan catering, kita juga harus memperhatikan bagaimana catering itu menyajikan makanan untuk para tamu. Jika kita menggunakan One Stop Wedding Services alias paket dari catering, lihat juga dekorasi mereka, karena 'Presentation' ini juga nggak akan luput dari perhatian para tamu.

3. Performance
Setelah melihat dari sisi makanan, maka selanjutnya adalah performance catering. Kalau ikut test food, sebaiknya kita memperhatikan sampai ketika acara dimulai. Hal ini perlunya adalah penilaian kita terhadap semua elemen vendor dan catering. Terlebih jika kita menggunakan paket / One Stop Wedding Services, misalnya kita bisa lihat hasil make up dari vendor MUA yang biasanya sudah ditunjuk oleh catering. Juga vendor photography, Organ tunggal, dll.

Selain itu perhatikan juga, apakah crew catering sigap dalam membersihkan piring kotor? Bagaimana crew melayani para tamu? Bagaimana kesigapan crew me-refill buffet & food stall? Bagaimana kerapihan seragam crew? (hihihi kalo gue seneng memperhatikan seragam crew catering sih. Seneng aja gitu ngeliat yang rapih-rapih, kesannya profesional sekali, seperti white gloves services di hotel berbintang XD)

Kenapa kerapihan seragam crew menjadi perhatian?? Percaya kan, kalau rapi itu mencerminkan kebersihan dan kehigienisan hidangan?? Hei!! ini untuk makanan lho! sesuatu yang akan dimasukan ke dalam tubuh kita dan undangan! Jangan main-main dengan kebersihan! :D

4. Budget
Nah setelah nyobain macem-macem rasa makanan dan performance catering, balik lagi deh ke budget. Kalau perlu kita bikin list catering mana saja yang 'on budget' dan worth it, dari harga yang ditawarkan. Jika menggunakan paket dari catering, perhatikan kembali, apa saja yang didapatkan dari paket tersebut.
Jangan terjebak dengan bonus ini-itu, perhatikan kembali, apakah kita benar-benar membutuhkan bonus itu? Apakah ada tambahan-tambahan lain yang masih harus ditambah embel-embel charge? Beneran bikin pusing lho itu, kalo dikit-dikit nambah charge. Mau nambah meja konsul buat foto prewedding aja harus nambah charge?? iyuuhhh~~ :P

5. Halal & Hygiene
Halal dan Higienis! Nah ini yang kadang terlupakan saat mencari catering. Kadang terlalu silau dengan nama sebuah vendor, jadi kita yakin-yakin aja tuh, makanan yang disajikan halal. Eh, iya deng. gue juga gitu.. hahaha XD Tapi bener loh, apalagi buat kita cewek-cewek kalo udah dikasih iming-iming murah bonus ini itu,bla-bla-bla kadang jadi bikin gelap mata... diskon bok diskoooon, munafik banget deh nggak tertarik sama jerat yang satu ini. :P

Pernah disuatu acara pameran wedding, kita dapet penawaran dari vendor yang lumayan 'hebring' dan mewah, dengan rekanan MUA yang bisa dibilang cukup terkenal (gue nggak mau cerita nama nya yaa, takut kena UU ITE :P ). Duhh, siapa sih yang nggak kepengen dapet penawaran murah dari vendor ternama. Gue sama mamas sempet tertarik, dan awalnya agak kecewa, karena udah keburu DP catering, tapi setelah dipikir-pikir, mamas langsung bilang : "Iya sih, dia memang lebih murah, tapi kita nggak tau dia masak nya bener atau nggak. Kalau di Permata (ini karena gue pake catering ini yaa :P) kan kita udah liat sendiri, kantornya, yang punya juga, marketingnya, semuanya beragama Islam, jadi yakin, Insya Allah, masakannya halal."

Huaaa pengen peluuk rasanya denger mamas ngomong kayak gini. Kegalauan berubah keyakinan seketika! Hahahahaha!! Bener lho, kalau perlu bisa nanya ke marketingnya, apakah catering yang akan kalian pilih itu melayani masakan non halal, dan koki kapten paham dengan cara memasak makanan halal. (bukan cuma masakannya, tapi juga alat masak yang digunakan :D)

Oke deh.... sekian dulu cuap-cuapnyaaa... nanti disambung lagi yaa, udah sore nih, harus angkatin cucian, duyu... bye!! XD

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Anggun Fuji
A Wife | An Engineer | Love to talk about Home Decor, Lifestyle and Beauty Things (♥ω♥ )

0 komentar :

Posting Komentar