Kamis, 18 Juli 2013

Bekerja di Network Operation Center (NOC)

Haloo apa kabar?!
Tidak terasa sudah sebulan lamanya gue belajar di kantor yang baru. Hehehe Jangan heran ya kenapa gue bilang belajar. Karena memang setiap perjalanan manusia itu belajar, dimanapun ia berada. Disini gue malah lebih merasa sedang kuliah dari pada bekerja. ahhahahaha. Oke cukup wise nya, sekarang mau curhat pengalaman bekerja di Network Operation Center.

Apa itu Network Operation Center (NOC)
Kalo kata wikipedia sih, tempatnya para Network Administrator bekerja, mengawasi, memantau dan mengamankan jaringan komunikasi. Berupa sebuah ruangan yang berisi visualisasi dari jaringan atau jaringan yang sedang dipantau, workstation di mana status rinci jaringan dapat dilihat, dan perangkat lunak yang diperlukan untuk mengelola jaringan.

Apa aja sih yang dikerjakan di ruang NOC? yuk simak lanjutannya!


Tugas NOC 
Tugas NOC adalah menangani konfigurasi dan perubahan manajemen jaringan, network security, performance dan policy monitoring, pelaporan, jaminan kualitas, scheduling dan dokumentasi dengan memanfaatkan kemampuan management network, monitoring dan analysis tools.

NOC memberikan kemudahan kepada user dalam melakukan aktivitas koordinasi operasi dengan semua pendukung dan vendor terkait dengan fungsi network. Kegiatan pada NOC adalah memberikan support selama 24 jam dengan aktivitas sebagai berikut :

  • Memonitor operasi semua hubungan backbone dan pendukung jaringan lainnya.
  • Menjamin bahwa server dan pelayanan bekerja secara terus menerus selama 24 jam.
  • Memberi jaminan untuk mendukung kualitas layanan jaringan kepada pengguna.
  • Perbaikan semua masalah jaringan dan sistem terkait.
  • Membuka pelacakan dan resolusi dokumentasi permasalahan pada sistem jaringan.
Ini NOC AT&T lho.. bukan Bursa Efek Jakarta :D

Apa aja sih yang ada di NOC?
  1. Wall Monitoring display. Display gede, se-gede layar bioskop fungsinya untuk monitoring jaringan yang banyaak banget, ada Alarm, monitoring traffic untuk melihat "kepadatan" data yang lewat di 'pipa' bandwidth, monitoring kondisi link, koneksi data center, trunk dan berbagai perangkat telekomunikasi lain
  2. Server , wes ya mesti
  3. Telepon, untuk memudahkan NOC Engineer berkoordinasi dengan tim-tim yang terkait.
  4. PC sebagai terminal pengendali. Jaman sekarang terminal OM udah pake PC nggak kayak jaman baheula lagi.
  5. Switch & Router (ya iyalah!) ini adalah komponen utama sebuah Network Operation Center beroperasi. Dan berbagai perangkat yang berhubungan dengan operation dan maintenance jaringan komputer.
  6. TV, sebagai bahan hiburan dan informasi juga buat para Engineer.

Kalo di kantor kayak gini nih.. :D Maaf Confidential soalnya
Agar NOC dapat berfungsi sesuai dengan standar layanan yang telah ditetapkan maka ruang NOC harus memenuhi beberapa standar operasional, seperti memperhatikan penempatan peralatan dan pengaturan suhu udara sehingga sesuai dengan kebutuhan; menempatkan peralatan pemadam kebakaran; pembatasan akses masuk; pengunaan raised floor sebagai sirkulasi suhu udara dan jalur kabel. 

Ruangan NOC adalah ruangan yang berisi peralatan-peralatan yang sangat vital bagi keberlangsungan sistem jaringan. Di lingkungan provider biasanya ruang NOC memerlukan tingkat pengamanan yang ekstra ketat. Oleh karena itu dibuat akses masuk yang terbatas, dan hanya staff tertentu yang memiliki wewenang.

Oh iya karena gue disini bekerja sebagai NOC IP Core, pekerjaan gue sebagian besar berhubungan dengan IP dan manajemen jaringan. :D I do really love this job! Bekerja "di belakang panggung" itu sangat menyenangkan.

Gimana? tertarik untuk berkarir di dunia telekomunikasi dan jaringan? hihihi~ see you later!

3 komentar:

  1. udah tempat baru yee :). New chapter yo nyong . . . .

    BalasHapus
  2. maacih jeung.... iyaa nih chapter baru. Let's do our best! Will you join me? hihihi

    BalasHapus
  3. ingin sekali jg bisa bekerja di posisi networking...

    BalasHapus