Tutorial Membuat Label Undangan di Microsoft Word

Halo... halooo!!!!

Sudah bulan november yaa...  hihihihi Nggak terasa, waktu awal-awal gue dan mamas memulai untuk mengurus pernikahan tuh kayak nya santai banget. Iseng aja nyoba test food sana-sini, jalan-jalan ke Cipinang, ribet beli kain dan seragam, panas-panasan bolak-balik mampir ke Tebet. Ngomong-ngomong soal tebet, nggak kerasa juga nih, ternyata undangan kita sudah jadi. Yeaaay!! :D untuk detail undangan akan gue post juga nanti yaa :P

Nah, karena sudah makin men-dekati hari-H maka PR selanjutnya adalah mengumpulkan data undangan dan menempelkan label sebelum dibagikan. Urusan label-melabel ini, sudah gue perhitungkan juga sejak pertama kita men-desain undangan di Rampago. Karena undangan kita ber-sampul berwarna, so.. akan lebih baik kalo label yang digunakan adalah sticker transparan. 

Label Transparan Tom & Jerry no. 121
Sebenernya banyak banget tutorial dalam membuat label, bahkan dari TJ sendiri juga ngasih template. Tapi... yang namanya nginput semua di Ms. Word itu pe-er banget yaah... makanya makasih banget sama Ms. Word, di jaman secanggih ini, kita cuma perlu  input data di Ms. Excel ,dan.. violaaa!!! jadilah label yang presisi, nggak takut salah print dengan kertas label. :p. Mau tau caranyaa??

1. di Ms. Excel, buatlah 3 field, di 3 coloumn, dengan nama variabel yang berbeda. Pastikan data kamu benar yaa!! :D
2. di Ms. Word, pilih menu "Mailings", lalu pilih lah label. Pilih "option" untuk men-set label sesuai ukuran dari TJ
Pilih option untuk bikin ukuran baru :D
 3. Piilh New Label, lalu buatlah ukuran sesuai dengan ukuran label kamu, dan tekan OK. Kalo yang kita pake adalah Label Transparan ukuran 121, btw untuk ukuran ini, pastikan kamu mengukur sendiri label yang kamu beli yaa. Kalau mengikuti template orang lain, sering berbeda potongannya :(


Buat kamu yang bingung, dan kebetulan sama-sama menggunakan label transparan dengan No. 121, bisa mengikuti ukuran pada gambar di bawah ini yaa. (DWYOR*)
Ukuran Label 121
4. Setelah itu, masukan penerima yang datanya sudah berada di file excel. Dengan memilih menu mailings >> "select Recepients" lalu pilihlah use existing list.

Pilih penerima dari file excel yang sudah dibuat yaa :D
5. Masukan 'field' atau 'variabel' database yang kamu mau ambil. Kamu juga bisa men-setting font, font size di tahap ini, agar tampilannya presisi dan sesuai kemauan kamu. Selanjutnya pilih "update labels"
Pilih field yang akan dimasukan!
6. Pilih "Preview Results" untuk memastikan apakah record sudah sesuai dengan data yang kamu input. Lalu pilih "check for errors", dan pilih "complete the merge, pausing to report each error as it occurs". Lalu tekan OK.
Pastikan record kamu sudah sesuai dengan "preview" sebelum "check for errors"
7. Viollaaaaaa!! Ms Word akan membuka dokumen baru yang sudah jadi, dan siap print. :D
Sudah siap print :D
Gimana?? mudah kaaan?? :3
Hahahahaha..... semoga bisa membantu teman-teman juga yaa :D

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Anggun Fuji
A Wife | An Engineer | Love to talk about Home Decor, Lifestyle and Beauty Things (♥ω♥ )

0 komentar :

Posting Komentar