E commerce dalam website Kaskus.us

Siapa yang tidak mengenal forum yang fenomenal ini, Kaskus diciptakan tanggal 6 Nopember 1999 oleh tiga mahasiswa asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald, dan Budi, di Seattle, Amerika Serikat. Kaskus awalnya bertujuan sebagai forum informal mahasiswa Indonesia di luar negeri. Nama "Kaskus" sendiri merupakan singkatan dari kata "kasak-kusuk".


Pada bulan Agustus 2005, PC Magazine Indonesia memberikan penghargaan kepada situs Kaskus sebagai situs terbaik dan komunitas terbesar, kemudian Kaskus terpilih kembali sebagai website terbaik pilihan pembaca PC Magazine pada 2006.


Pada tanggal 23 Mei 2006 manajemen Kaskus terpaksa mengubah domain dari .com menjadi .us, karena penyebaran virus brontok yang dibuat dengan tujuan menyerang situs-situs besar Indonesia dimana Kaskus masuk dalam target penyerangan.



E-commerce pada Kaskus.us
      Dalam forum kaskus.us, user dapat melakukan transaksi jual beli dengan sesama pengguna situs kaskus di Forum Jual Beli. Forum jual-beli ini juga dikelompokkan atas beragam jenis barang yang di tawarkan. Sehingga user yang membutuhkan transaksi jual-beli dapat langsung memilih jenis produk yang diinginkan. misalnya Komputer & Notebook,Handphone & accesories, Otomotif, Video Games, Pakaian, Flora & Fauna, hingga perhiasan dapat dijumpai dalam forum ini.

          Dalam setiap thread atau Post, user penjual akan memasukan foto sebagai display penjualan barang, dan segala informasi mengenai barang yang dijual. Untuk penjualan pakaian, di sertakan juga, jenis kain dan kualitas kain yang di jual. Tidak semua barang yang dijual merupakan barang asli, ada yang KW (istilah untuk barang tiruan) sehingga ada saja ditemukan perbandingan harga yang sangat jauh. 

           Dalam forum ini juga tidak menutup kemungkinan adanya penipuan terhadap konsumen, seperti kasus "Wahyu Binafsi" yang baru-baru ini mereda. Oleh karena itu, konsumen diharapkan memperhatikan reputasi dari penjual, yakni adanya "Cendol" atau Good Reputation Point yang berada di bawah sisi foto penjual. Semakin banyak "cendol" semakin terpercaya dan terjaminlah barang yang akan dibeli.


Proses Transaksi di Kaskus.us

   Pemesanan barang di kaskus.us dilakukan menggunakan berbagai media, tergantung dari user yang melakukan penawaran. Dimana penjual menawarkan pemesanan via email / SMS / Telpon bahkan dengan Private Message, untuk mencegah terjadinya kejahatan dengan penyebaran nomor rekening. Setelah itu pembarayan dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Pembayaran dalam kaskus.us yang biasa dikenal pelanggan adalah :

1. Pembayaran via transfer
    Pembayaran yang biasa dilakukan di situs lain, dengan melakukan perjanjian sebelumnya dengan penjual. Setelah pemesanan barang, pembeli akan melakukan pembayaran ke rekening bank yang ditunjuk oleh penjual. setelah itu, penjual akan mengirimkan nomor resi pengiriman barang sebagai tanda bukti bahwa uang telah diterima dan barang sudah dikirim. Pembeli juga dapat memeriksa kebenaran nomor resi yang dikirimkan dengan mengeceknya online di situs pengiriman barang yang ditunjuk.

2. COD : Cash on Delivery
     Cash on Delivery, ini sebagaimana transaksi pada umumnya, Pembeli akan melakukan pemesanan terlebih dahulu sebagaimana yang di tentukan penjual. setelah itu, Penjual akan menentukan tempat dan waktu transaksi,setelah itu pembeli dapat menuju tempat transaksi untuk melakukan pembayaran sekaligus pengambilan barang.

3. Kas Pay
Ada sebuah layanan terbaru dari situs Kaskus yang menyediakan sistem pembayaran secara online yang disebut KasPay. Layan tersebut telah diluncurkan pada Jumat 6 November 2009, pada acara Perayaan Ulang Tahun ke-10 Kaskus di Poste, The east building, Kuningan, Jakarta. Layanan transaksi ini dapat digunakan tidak hanya di Kaskus tetapi dapat digunakan terhadap situs-situs lain yang berafiliasi dengan KasPay.
Kaspay akan beroperasi layaknya E-wallet yang akan dijadikan alat untuk transaksi jual beli di seluruh transaksi online. Seluruh proses transaksi KasPay dilakukan melalui transfer sejumlah uang, sehingga aman dari modus penipuan dan pemalsuan kartu kredit dan keamanan transaksi selalu dipastikan dengan konfirmasi melalui e-mail dan catatan transaksi.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Anggun Fuji
A Wife | An Engineer | Love to talk about Home Decor, Lifestyle and Beauty Things (♥ω♥ )

0 komentar :

Posting Komentar